WELCOME TO BLOG TEK. ELEKTRONIKA INDUSTRI SMKN 3 Mataram

Rabu, 05 Februari 2014

Modifikasi Glue Gun Rusak Buat Kelancaran Praktikum Siswa



 
Sepertinya wajar sekali apabila peralatan praktikum di sekolah rusak karena lama dipakai buat praktikum oleh siswa dan akan tidak wajar sekali apabila peralatan peraktikum  tersebut rusak oleh karena tidak dipakai atau tersimpan rapi di lemari bagaikan sebuah azimat.


Namun bagaimana bila peralatan yang rusak tersebut justru disimpan kembali di gudang sekolah tanpa ada perbaikan? Hal tersebut tidak berlaku bagi jurusan Teknik Elektronik Industri(TEI) SMKN 3 Mataram, justru peralatan praktikum yang rusak oleh siswa tersebut oleh kepala bengkel TEI  bapak Pahman Hadi, S.Adm di modifikasi kembali agar bisa dimanfaatkan oleh siswa. Salah satunya peralatan Glue Gun.

Peralatan Glue Gun ini biasa dipakai oleh siswa untuk merekatkan kabel ke body atau mengamankan sambungan komponen atau menguatkan posisi komponen yang lainnya agar tetap pada tempatnya.

Bagaimana cara memodifikasinya?
Untuk memodifikasi Peralatan Glue Gun yang rusak karena filamen pemanasnya tidak berfungsi yang menyebabkan lem bakar tidak bisa meleleh tadi, terlebih dulu dibongkar kemudian aluminium tempat memasukkan lem bakar di tempelkan pada ujung solder agar tempat lem bakar tersebut menjadi panas dan lembakar bisa meleleh melalui ujung aluminium tempat menaruh lem bakar tersebut dan untuk menjaga agar lem bakar yang keluar dari ujung aluminium tetap keluar maka lem bakar di dorong langsung menggunakan tangan kiri.

Demikianlah salah satu cara memodifikasi peralatan lem bakar yang dilakukan oleh jurusan TEI dan mudah-mudahan dengan berbagi cara memodifikasi peralatan Glue Gun ini ada manfaatnya bagi jurusan yang lain untuk lebih kreatif memanfaatkan kembali peralatan praktikum yang rusak. (Alfuad Gapuki)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar